KAJIAN TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA TOL BALIKPAPANSAMARINDA PASCA KENAIKAN TARIF

Authors

  • Muhammad Tahrir Politeknik Pertanian Negeri Samarinda
  • Laode Muh Asdiq Hamsin Ramadan Politeknik Pertanian Negeri Samarinda
  • Awalul Fatiqin Universitas Palangka Raya
  • Windu Sukendar Politeknik Negeri Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.70260/nij.v1i2.16

Keywords:

Tarif, Kepuasan Pelanggan, Tol Balikpapan-Samarinda

Abstract

Terpilihnya Kabupaten Penajam Paser Utara Provinsi kalimantan Timur sebagai Ibukota Negara baru Republik indonesia secara tidak langsung memberi dampak terhadap perkembangan berbagai sektor di Provinsi Kalimantan Timur. Kota Samarinda dan Kota Balikpapan sebagai pusat penggerak roda perekonomian di Kalimantan Timur memiliki jalur tol sebagai jaringan jalan alternatif untuk memastikan pergerakan orang, barang dan jasa tidak mengalami berbagai kendala. Jalan Tol sebagai jalur alternatif, sesuai Undang-Undang nomor 38 tahun 2004 tentang jalan disebutkan bahwa pengguna jalan tol dikenakan kewajiban membayar tol yang digunakan untuk pengembalian investasi, pemeliharaan dan pengembangan jalan tol. Pasal ini menunjukan adanya kewajiban konsumen sebagai pengguna jalan tol untuk membayar tarif tol. Persepsi masyarakat sebagai pengguna jalan yang menjadikan jalan tol sebagai jalan alternatif adalah dengan biaya yang dikeluarkan akan memberikan nilai berupa penghematan dalam biaya operasional kendaraan dan waktu, kenyamanan, keamanan dan fasilitas penunjang. Adanya kebijakan terbaru terkait naiknya tarif Tol Balikpapan-Samarinda mulai tanggal 26 April 2023 tentu berdampak pada meningkatnya biaya yang harus dikeluarkan oleh para konsumen pengguna jalan tol, untuk mengetahui dampak kenaikan tarif tol terbaru tersebut terhadap tingkat kepuasan masyarakat pengguna jalan Tol Balikpapan-Samarinda maka dilakukan penelitian tentang tingkat kepuasan pengguna tol pasca kebijakan kenaikan tarif terbaru tol Balikpapan-Samarinda.

References

Agustaniah, R., & Wicaksono, A. (2019). Biaya Perjalanan Kendaraan Ruas Jalan Arteri Primer dan Rencana Tol Penghubung Kota Samarinda–Balikpapan. Prosiding Forum Studi Transportasi Antar Perguruan Tinggi. https://ojs.fstpt.info/index.php/ProsFSTPT/ article/view/411

Efendi, S. (2018). Analisis Tingkat Pelayanan dan Penentuan Tarif Tol Rencana Ruas Jalan Samarinda–Balikpapan. Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Teknik Sipil, 1(1), 2097–2098. http://ejurnal.untag-smd.ac.id/index.php/TEK/issue/view/188

Gunawan, D., & Boonastria, C. M. D. (2022). Delivery System Pada Rencana Pembangunan Jalan Tol Jangka Panjang. Jurnal HPJI, 8(1), 71–80. https://doi.org/10.26593/jhpji. v8i1.5562.71-80

Hermawan, R., Frazila, R. B., Awang, A., & Jihanny, J. (2013). Hubungan Antara Variasi Tarif Tol dengan Pendapatan dan Tingkat Pelayanan. Jurnal Teknik Sipil, 20(1), 55–66. https://doi.org/10.5614/jts.2013.20.1.7

Kadzafi, A. A., Khamim, M., & Marjono. (2021). Penyusunan Project Planning Pembangunan Jalan Tol Balikpapan–Samarinda Seksi 2.2. Jurnal Online Skripsi Manajemen Rekayasa Konstruksi (JOS-MRK), 2(3), 195–201. https://jurnal.polinema.ac.id/index.php/jos-mrk/ article/view/843

Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kepmenpupr) Nomor 370/ KPTS/M/2007, (2007). https://peraturan.infoasn.id/keputusan-menteri-pekerjaan- umum-dan-perumahan-rakyat-nomor-370-kpts-m-2007/

Novianti, N., Endri, E., & Darlius, D. (2018). Kepuasan Pelanggan Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan. MIX: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN, 8(1), 90–108. https://doi.org/10.22441/mix.2018.v8i1.006

Panjaitan, I. F., & Surbakti, M. S. (2013). Analisa Tarif Jalan Tol Berdasarkan Pendekatan Willingness To Pay (WTP) Dan Ability To Pay (ATP) (Studi Kasus : Rencana Jalan Tol Medan - Binjai). Jurnal Teknik Sipil USU, 2(3). https://onesearch.id/Record/IOS572. article-5623/Details

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol, (2005). https:// peraturan.bpk.go.id/Home/Details/49351/pp-no-15-tahun-2005

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Pengembangan Aplikasi Kuesioner Survey Berbasis Web Menggunakan Skala Likert dan Guttman. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185

Rangkuty, M. H. F., & Tarigan, A. A. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Kebijakan Tarif Tol Medan Tebing Tinggi. Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI), 2(2), 191–202. https://doi.org/10.36987/jumsi.v2i2.2604

Riajaya, H., Orlando, K., & Samputra, P. L. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat terhadap Kebijakan Tarif Tol Becakayu (Bekasi-Cawang-Kampung Melayu) di JakartaBekasi. Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam, 5(2), 141–162. https://jurnal.usk.ac.id/ JPED/article/view/13196/11548

Saputra, H. (2023). Terhitung 26 April 2023, Tarif Tol Balikpapan–Samarinda Naik. Dinas Komunikasi Dan Informatika Prov. Kalimantan Timur. https://diskominfo.kaltimprov. go.id/berita/terhitung-26-april-2023-tarif-tol-balikpapansamarinda-naik

Sari, D. P., Salasa, B. S., Kholifah, N. A., Hani Frisca, & Yoma, D. (2022). Kajian Pengaruh Dampak Rencana Kenaikan Tarif Jalan Dan Fasilitas Tol Terhadap Pengguna Jalan Tom Balsam (Balikapapan-Samarinda). Jurnal Teknik AMATA, 3(2), 66–70. https://doi. org/10.55334/jtam.v3i2.302

Sasongko, S. R. (2021). Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1), 104–114. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i1.707

Siregar, D. E., & Karino, K. (2015). Evaluasi Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pembangunan Jalan Lingkungan di Kelurahan Dwikora Kecamatan Medan Helvetia Kota Medan Tahun 2012. Jurnal Administrasi Publik (Public Administration Journal), 5(1), 20–35. https://doi.org/10.31289/jap.v5i1.1068

Sitorus, B., Sitorus, T. I. H., & Subandi, S. (2016). Peningkatan Jaringan Transportasi Di Provinsi Kalimantan Timur Dalam Mendukung Aksesibilitas Wilayah. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik (JMTRANSLOG), 3(1), 29–40. https://doi.org/10.54324/j.mtl. v3i1.136

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV

Suliyanto. (2011). Perbandingan Perbedaan Skala Likert sebagai Skala Likert atau Skala Interval. Prosiding Seminar Nasional Statistika, 51–60. http://eprints.undip. ac.id/33805/

Suwandi, E., Imansyah, F. H., & Dasril, H. (2018). Analisis Tingkat Kepuasan Menggunakan Skala Likert pada Layanan Speedy yang Bermigrasi ke Indihome. Jurnal Teknik Elektro, 1(1). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jteuntan/article/view/31191/75676580053

Undang-undang (UU) Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan, (2004). https://peraturan.bpk. go.id/Home/Details/40785/uu-no-38-tahun-2004

Undang-undang (UU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara, (2022). jdih.setneg. go.id

Downloads

Published

2023-09-19

How to Cite

Tahrir , M., Ramadan, L. M. A. H., Fatiqin, A., & Sukendar, W. (2023). KAJIAN TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA TOL BALIKPAPANSAMARINDA PASCA KENAIKAN TARIF. Nusantara Innovation Journal, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.70260/nij.v1i2.16

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)